Instructional technology (Does Technology Hinder or Enhance Learning & Teaching)
Group 2 (pro)
Hayudi
Syam
Fuad
First speaker: Hayudi
Word key:Technology dan proses belajar mengajar
Technology merupakan salah satu kearifan untuk mendukung usaha mereka
Belajar mengajar ialah proses timbal balik antara guru dan murid
Teknologi sedang mendunia, kehidupan di kuasai teknologi
Apakah tek mendukung proses belajar mengajar??
Apakah guna teknologi? Sarana yang membantu proses belajar mengajar agar lebih mudah
Ex: membuat media pembelajaran
1. untuk mempermudah agar siswa mudah memahami)
2. mempersingkat waktu, ex: kegiatan nasional(self our time)
3. teknologi berkembang pesat,
Sanggahan
Ayu: tidak setuju, menjadi tidak komunikatif jika menggunakan IT dalam belajar pembelajaran
Tanggapan
Hayudi: IT tergantung pada user (apakah di gunakan dengan baik dan benar)
Ayu: user yang bagaimana user yang baik? user tidak bisa menggunakan fasilitas?
Hayudi: perlu kesadaran, it depends of users.
Belajar
Memanfaatkan teknologi dengan benar
Neti: masalah dengan money?
Hayudi: 1. Adanya Campur tangan pemerintah
Neti : kehidupan ekonomi yang berkaitan dengan mahasiswa tentang teknologi? Teknologi membutuhkan uang?
Tanggapan
Hayudi: tidak bisa berjalan dengan baik
Fuad : kebutuhan paling utama yang perlu dipikirkan(kebutuhan pokok), tidak harus memiliki IT, bisa belajar dengan yang punya (kolega). Untuk masalah money perlu sebuah proses.
Tanya
Ayu: keuntungan IT, dimana letaknya dalam proses belajar mengajar( IT trsebut)?
Suatu daerah yang masih agak terbelakang, bagaimana masalah IT pada daerah tersebut?
Tanggapan
Syam : penggunaan LCD dan Laptop di dalam kelas, lebih memudahkan proses belajar mengajar di dalam kelas, lebih menarik.
Teknologi tidak harus barang yg berupa elektronik, tetapi alat yang mempermudah usaha masyarakat, ex : membajak sawah dengan kerbau.
Neti: sempoa apakah teknology?
Fuad : teknologi bukan hanya teknologi canggih tapi ada teknologi sederhana, perlu sebuah proses, asalkan teknologi sederhana tersebut masih bisa digunakan.
Tanya
Neti: penyalahgunaan teknologi yang salah bagi anak? Jika ortu sibuk, why dengan penyalahgunaan teknologi pada anak?
Sanggahan
Fuad: Perlu peran ortu, guru dan lingungan.
Syam: peran ortu, jika ortu bussy, maka perlu peran orang lain untuk membatasi penggunaan tek.
Neti: jika anak punya laptop sendiri?
sanggahan
Hayudi: ortu sudah salah dalam pengawasan terhadap anak
Kesimpulan (hayudi) “apa sih teknologi itu”?
1.alat yang mempermudah kerja manusia
2. teknologi membuka wawasan yang lebih luas
3. teknologi dapat mendukung proses pembelajaran di kelas
comment:
harapan dari penggunaan IT memang sangat berperan penting dalam kaitanya dengan belajar pembelajaran, tapi perlu diperhatikan dengan jeli penggunaannya, dari debat yang telah di laksanakan sangat mengguggah yang berkaitan dengan kritisisasi penggunaan IT, bagaimana perkembangan IT, bagaimana penggunaan IT yang di salahgunakan, bagaimana mengoperasikan IT, bagaimana dengan daerah2 yang belum terjamah dengan IT, it's become problem, it's a big problem, maka peran pemerintah sangat penting, masalah ekonomi sangat penting dalam perkembangan IT. so, dari debat pro dan kontra masing2 pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dari penggunaan IT sendiri


Tidak ada komentar:
Posting Komentar